FIELDTRIP PROGRAM STUDI AGROTEKNOLOGI UMMY TAHUN 2022

Mahasiswa Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Mahaputra Muhammad Yamin (UMMY) Solok beserta Dosen pendamping yaitu Dr. Ir. Renfiyeni, MP., Dra. Helti Andraini, M.Si., Dra. Fredrika Eliesti, M.Si., Muharama Yora, SP. M.Si. dan Aulia Meyuliana SP. M.Biotek. berkunjung ke Dangau Inspirasi di Kurao Pagang, Kecamatan Nanggalo Kota Padang, Sumatera Barat pada Rabu (9/2/2022). Kegiatan ini merupakan kegiatan Fieldtrip sekaligus Praktikum Lapangan Program Studi Agroteknologi UMMY dari angkatan 2019, 2020 dan 2021.

Kedatangan Mahasiswa Agroteknologi UMMY disambut hangat oleh pemilik Dangau Inspirasi  yaitu Bapak Ir. Djoni beserta karyawan dan Mahasiswa magang di sana. Acara dimulai dengan pengarahan dulu dari Bapak Ir. Djoni. Beliau memaparkan alasan dari pendirian Dangau Inspirasi ini, setelah itu beliau juga menjelaskan beberapa teknik budidaya tanaman yang beliau terapkan di tempat tersebut.

Salah satu teknik budidaya tanaman yang beliau terapkan ialah Akuaponik. Teknik budidaya tanaman dengan Akuaponik yaitu menggabungkan akuakultur dan hidroponik dengan menggunakan pemanfaatan kotoran ikan sebagai nutrisi tanamannya. Sebelum dijadikan sebagai nutrisi tanaman, kotoran ikan ini terlebih dahulu dilakukan penyaringan. Penyaringan dilakukan sebanyak 2 kali, penyaringan yang pertama untuk memisahkan kotoran berat dan kotoran ringan sedangkan pada penyaringan yang kedua yaitu kotoran ringan yang sudah didapatkan dari penyaringan pertama di beri Nitrobakter agar kandungan Asam pada kotoran ikan tersebut berkurang, setelah itu baru dialirkan ke Tanaman.

Disana juga ada Bapak Dr. Ir. Nusyirwan Hasan, M.Sc. beliau adalah pakar dari pengendalian hama dan penyakit tanaman. Beberapa Mahasiswa berdiskusi dengan beliau terkait pengendalian hama dan penyakit tanaman dengan perangkap menggunakan botol yang didalamnya terdapat cairan untuk menarik lalat buah. Setelah lalat buah terperangkap maka dia akan mati. Selain itu, Bapak Ir. Djoni sendiri beliau memiliki prinsip untuk pengendalian hama dan penyakit memanfaatkan apa yang sudah disediakan oleh alam, seperti rantai makanan contohnya Ayam akan memakan ulat-ulat hama lain pada tanaman, sisa tanaman akan teruai oleh mikroorganisme dan unsur hara dan bahan organik tanaman kembali tercukupi dengan tidak dibakarnya sisa tanaman sehabis panen.

Kunjungan Mahasiswa Agroteknologi UMMY ke Dangau Inspirasi milik Ir. Djoni memberikan inspirasi, manfaat dan memberikan banyak dampak positif khususnya Mahasiswa Agroteknologi agar bisa merubah mindset sebagai mahasiswa pertanian.

Oleh       :  Febria Irma Nengsih
Editor     :  Aulia Meyuliana

Visits: 546
Today: 4
Total: 33785