UMMY SIAPKAN MBKM

MBKM adalah singkatan dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka. MBKM ini adalah kegiatan mempersiapakan lulusan untuk masuk dunia kerja dan dunia industri seperti, kerja transisional. Kerja tarasisional adalah kegiatan bekerja dalam masa perkulihaan berlangsung. Kerja transisional ini sejalan juga dengan kebijakan Medeka Belajar Kampus Mereka. MBKM tertuang dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3 tahun 2020 tentang Sistem Pendidikan Tinggi dan Pedoman MBKM. Di sana dijelaskan mahasiswa belajar di luar PT dan atau di dunia kerja atau industri selama 3 semester. Selanjutnya, menjelaskan tentang magang dilaksanakan 1 – 2 semester.

Melalui magang ini mahasiswa akan mendapatkan pembelajaran langsung (learning experience). Sementara industri mendapatkan talenta yang bila cocok nantinya bisa langsung di-recruit menjadi karyawan industri tersebut.
Universitas Mahaputra Muhammad Yamin (UMMY) Solok adalah salah satu PTS yang ada di Sumatera Barat. UMMY sebagai PT juga ikut bertanggung jawab dalam menjembatani calon lulusan memasuki dunia kerja dan industri dan menyukseskan program Kemendikbud ini. Untuk itu, UMMY mengundang Dr. Tesri Maideliza, M.Sc sebagai narasumber dalam mensosialisasikan dan penerapan MBKM. Bapak Dr. Tesri adalah Ketua Unit Penyelenggara Teknis Merdeka Belajar Universitas Andalas.

Dalam sosialisasi dan penerapan yang diantarkan Dr. Tesri, menjelaskan bahwa PT mempersiapkan Medeka Belajara ada beberapa ketentuan yang dipersiapkan. Ketentuan tersebut adalah penyiapan beberapa peraturan Rektor Merdeka Belajar dan kesiapan Fakultas dan Program Studi untuk perubahan kurikulum, mata kuliah yang disiapakan untuk MBKM.

Total Page Visits: 140 - Today Page Visits: 1