UMMY BERDUKA, PROF. DR. ELFI SAHLAN BEN, APT MENINGGAL DUNIA

Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un, Pada hari  Rabu 24 Februari 2021 pukul 06.00 WIB, keluarga besar UMMY Solok mendapatkan berita duka, bahwa Rektor UMMY periode 2010-2019 Pror. Dr. H. Elfi Sahlan Ben, Apt,  telah dipanggil oleh Sang Pencipta. Elfi Sahlan meninggal dunia di usianya yang ke-73 di RS Semen Padang. Elfi Sahlan yang lahir di Solok, 28 Oktober 1948, disemayamkan di tanah kelahirannya Solok. Kepergian beliau meninggalkan duka yang mendalam bagi keluarga, sanak saudara. Almarhum meninggalkan seorang istri dan 5 orang anak.

Elfi Sahlan mengawali karir menjadi dosen Fakultas Matematika dan Pengetahuan Alam (FMIPA) Unand pada tahun 1981. Karena bidang keahlian Elfi Sahlan mengenai Farmasi dan tenologi Farmasi, beliau diangkat menjadi Dosen tetap Fakultas Farmasi Unand tahun 2008 – 2021. Elfi Sahlan dipercaya menjadi Wakil Rektor III Universitas Bung Hatta tahun 1988 – 2000, Wakil Rektor IV Unand, dan menjadi Rektor UMMY perode 2010 – 2014 dan 2014 – 2019. Diakhir masa dipercaya menjadi Rektor Universitas Perintis Indonesia 2020 – 2021. Di instansi pemerintahan, Elfi Sahlan dipercaya sebagai wakil Bupati Solok, Solok 2000 – 2005, mendampingi Gamawan Fauzi sebagai bupati.

Prosesi penghormatan terakhir dilakukan di Kampus II UMMY, dalam sambutan yang disampaikan oleh Rektor UMMY Prof. Dr. Ir. Syahro Ali Akbar, MP mengucapkan duka yang mendalam atas berpulangnya tokoh Hebat Solok, dan ucapan terima kasih atas perjuangan almarhum. Selama menjabat menjadi rektor di UMMY banyak hal yang beliau lakukan demi kemajuan UMMY, salah satunya adalah pemanfaatan penggunaaan gedung bekas Kantor Bupati di Koto Baru menjadi kampus UMMY.

Prosesi ini dihadiri oleh ketua pembina Yayasan Profesor Muhammad Yamin Prof, Fachri Ahmad dan anggota Pembina Bapak Armen An, Saunir Saun, Prof. Nurzaman, Hasan Basri. Ketua Badan Pengurus Yayasan Bapak Suryadi Asmi, SE., MM dt. Rajo Nan Sati, beserta anggota pengurus. Juga ikut hadir Ketua Umum dan sekretaris Umum Ikatan Keluarga UMMY Dr. Desmon dan Dr. Ramadhani Kirana Putra. Selain itu, turut hadir Rektor Unand, Wakil Rektor I  Universitas Perintis Indonesia, wakil Ketua Yayasan Peintis Padang.  Seluruh civitas akademika UMMY Solok.

Prosesi penghormatan dan pelepasan Jenazah berlangsung khidmat yang dihadiri ratusan orang pelayat.

Selamat jalan Prof. Dr. H Elfi Sahlan Ben, A.Pt. semoga Husnul Khotimah. Aamiin.

Total Page Visits: 97 - Today Page Visits: 2