STRUKTUR UMMY


Minggu, 04 Juni 2017 | 07:52:26 |Dibaca : 678 Pembaca
about img

SUSUNAN ORGANISASI UNIVERSITAS MAHAPUTRA MUHAMMAD YAMIN SOLOK

Susunan Organisasi Universitas Mahaputra Muhammad Yamin Solok dijelaskan secara rinci pada STATUTA  UMMY Solok dengan SK. Nomor: 083/PGRS/YMMY/V-2017 sebagai berikut:

  1. Pimpinan Institusi

Pimpinan Universitas Mahaputra Muhammad Yamin terdiri dari Rektor dan Wakil Rektor. Rektor merupakan penanggung jawab organisasi yang melakukan arahan serta kebijaksanaan umum, juga menetapkan peraturan, norma dan tolak ukur penyelenggara UMMY Solok atas dasar keputusan senat Universitas. Rektor secara administrasi umum dan keuangan bertanggung jawab kepada Ketua Yayasan. Didalam Yayasan terdapat:

      2. Satuan pengawasan

Fungsi pengawasan internal dilakukan oleh Yayasan Mahaputra Profesor Muhammad Yamin Sarjana hukum. Cakupan pengawasan internal dilakukan berupa evaluasi terhadap kinerja Rektor yang dilakukan setiap tahun, melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan kegiatan universitas, dan melaksanakan tugas pengawasan lainnya yang ditetapkan dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Yayasan. Selain dilakukan secara internal, dilakukan pula pengawasan eksternal oleh auditor independen dari akuntan publik dalam periode tahunan.


      3. Dewan pertimbangan

Fungsi pertimbangan non-akademik dilakukan oleh dewan penyantun yang terdiri dari tokoh-tokoh masyarakat yang ikut mengasuh dan membantu memecahkan permasalahan, bersama dengan Dewan Pembina Yayasan Mahaputra Profesor Muhammad Yamin Sarjana hukum.

Rektor dalam pelaksanaan tugasnya dibantu oleh: Wakil Rektor I, membantu rektor dalam memimpin pelaksanaan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat, serta melaksanakan penjaminan mutu penyelenggaraan pendidikan serta merencanakan kerjasama dengan berbagai stake holder baik dalam maupun luar negeri. Wakil Rektor II, membantu rektor dalam memimpin pelaksanaan kegiatan di bidang keuangan dan administrasi umum, perencanaan dan mengelola aset. Wakil Rektor III, membantu rektor dalam pelaksanaan kegiatan di bidang pembinaan serta pelayanan kesejahteraan mahasiswa, pembinaan minat bakat, kreativitas, daya kritis, keberanian, kepemimpinan, rasa kebangsaan mahasiswa, alumni.


      4. Senat perguruan tinggi/senat akademik

a. Senat Universitas Mahaputra Muhammad Yamin merupakan badan normatif yang terdiri dari : Guru Besar, Rektor, Wakil Rektor, Dekan, wakil dekan dan utusan dosen sebanyak 2 (dua) orang dari masing-masing fakultas.

b. Fungsi senat adalah memberikan pertimbangan dalam menyusun Statuta, RIP, Renstra, Rencana Kerja anggaran tahunan, dan memberikan masukan terhadap seluruh tugas-tugas rektor.

5. Pelaksana kegiatan akademik. Pelaksana kegiatan akademik  meliputi Tridharma Perguruan Tinggi yang terdiri dari: Bidang pendidikan yang dilaksanakan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan, Fakultas Pertanian, Fakultas Ekonomi, dan Fakultas Hukum.  Bidang penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP3M)

 6.  Pelaksana administrasi, Pelaksana administrasi di UMMY Solok terdiri dari:
a.Tenaga administrasi, melaksanakan pekerjaan bidang  Administrasi Umum dan Keuangan, Akademik dan Kamahasiswaan dalam lingkungan UMMY Solok
dan Kamahasiswaan dalam lingkungan UMMY Solok.
b. Tenaga teknis, melaksanakan pekerjaan pada Pusat Komputer, Laboratorium, Pustaka dan Unit Pelayanan Teknis lainnya di lingkungan UMMY Solok.

7. Pelaksana Penjaminan Mutu. Pelaksana penjaminan mutu dilakukan oleh Lembaga Penjaminan Mutu Internal (LPMI) yang dipimpin oleh seorang Kepala Lembaga. Tugas LPMI adalah melaksanakan audit dan penjaminan mutu internal bidang akademik, administrasi, dan manajemen.

8.  Tim Perencana. Tim Perencana adalah yang akan melaksanakan perencanaan  terkait dengan pengembangan UMMY Solok




Iklan Layanan