Membanggakan, Mahasiswi UMMY Solok Wakili Indonesia ke Amerika Serikat


Kamis, 08 Juni 2017|14:37:43 |Dibaca : 122 Pembaca
about img "Dialah Oktavino Nurdhia (24) atau yang akrab disapa Dhia , Mahasiswi Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris UMMY Solok ini menjadi satu-satunya wakil Sumatera Barat"

Salah satu prestasi yang membanggakan baru-baru ini yang berhasil ditorehkan adalah berhasilnya salah seorang Mahasiswi UMMY Solok menjadi salah satu wakil Indonesia pada acara Young South East Asian Leaders Initiative (YSEALI) Academic Fellowship 2017 di Amerika Serikat.

Dialah Oktavino Nurdhia (24) atau yang akrab disapa Dhia , Mahasiswi Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris UMMY Solok ini menjadi satu-satunya wakil Sumatera Barat pada pertemuan Internasional dalam program yang dulu digagas oleh Presiden Amerika Serikat Barack Obama sejak 2013 lalu.

Tujuan program tersebut adalah mempererat hubungan antara Negara Amerika dan negara-negara ASEAN di bidang lingkungan, ekonomi, sumber daya alam, wirausaha dan juga hubungan kewarganegaraan.

"Kegiatannya seperti semacam perkuliahan, diskusi atau seminar terkait berbagai bidang seperti lingkungan hidup dan lainnya. Lamanya kegiatan ini lebih kurang selama lima minggu. Doakan semoga lancar ," ungkap Nurdhia saat dihubungi melalui telepon genggamnya, Kamis 16 Maret 2017.

Anak pasangan Rudi Hartono dan Silvia Dewita ini bersama 24 orang mahasiswa lainnya yang lolos seleksi dari indonesia akan berangkat ke Negri Paman Sam pada Jumat Pagi dan direncanakan akan berkegiatan hingga 23 April 2017 lalu.

Putri kelahiran Tanah Garam, Kota Solok ini mengaku, tidak mudah untuk bisa lolos dalam program yang diikuti oleh 1675 orang mahasiswa lainnya se Indonesia. Seleksi Administrasi, Masing -masing peserta harus menulis essay 250 kata dengan tema lingkungan, melengkapi CV dan pengalaman Organisasi.

Mahasiswi semester sembilan jurusan Bahasa Inggris di Fakuktas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UMMY Solok ini bukan pertama kali terbang ke luar negri berkat kepiawaian berbahasa inggris dan pengetahuannya, pada 2014, Nurdhia juga menjadi perwakilan Sumatera Barat Untuk pertukaran pemuda Indonesia-Kanada

Keberhasilan Nurdhia dengan segudang prestasi lainnya membawa rasa bangga tersendiri bagi  UMMY Solok dan Pemerintah Kota (Pemko) Solok. Meskipun UMMY Solok tidak menjadi perguruan tinggi favorit namun UMMY mampu membuktikan kualitasnya.

Begitupun Pemko Solok, bahkan Wali Kota (Wako) Solok H. Zul Elfian langsung melepas keberangkatan Nurdia di rumah dinasnya, Selasa 14 Maret 2017, usai melantik Pengurus dan Pelaksana Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kota Solok.

Link Utama