UMMY Menuju Kampus Negeri

Seminar Online tahap II yang diselenggarakan Persatuan Keluarga Kabupaten Solok (PKKS) berlangsung pada tanggal 16 Oktober 2020. Tema diskusi kali ini yakni Peranan, Fungsi, Kontribusi Pemerintah Daerah dan Perantau dalam Peningkatan Status UMMY Solok untuk Perguruan Tinggi Negeri, dengan moderator Ketua DPP PKKS, Dr, Lukman, M.Si.

Ketua Badan Pengurus Yayasan Mahaputra Muhammad Yamin Suryadi Asmi, SE.MM Dt. Rajo Nan Sati dan Rektor UMMY Prof. Dr. Ir. Syahro Ali Akbar, M.P menyatakaan kegembiraannya atas terselenggaranya diskusi tersebut. Apalagi ide besar tersebut menyangkut perubahan kampus UMMY menjadi perguruan tinggi negeri mendapatkan dukungan dari para perantau dan tokoh-tokoh Solok. Pembicara dalam Webinar ini adalah (1) Prof. Dr. Ir. Novirman Jamarun, M.Sc. (Mantan Ketua Badan Pengurus Yayasan), (2) Bupati Solok H. Gusmal, SE. MM, (3) Drs. Marwan Paris, MBA sebagai Ketua Dewan Pembina DPP PKKS, (4) Asben Hendri, SE, MM PJS Waliko Solok, dan (5) H. Zohirin Sayuti, S.E. Walikota Swahlunto.

Dalam paparan ke-5, para pembicara memberikan dukungan penuh untuk UMMY menuju Kampus negeri, dengan bersama-sama mengembangkan dan segera membentuk tim perumusan kampus negeri ini. Pembicara juga menjelaskan bagaimana syarat dan prosedur yang harus disiapkan UMMY yang dimulai dari kesediaan lahan kampus, dukungan dari pemerintah kota dan kabupaten dan adanya legitimasi bantuan Pemda pada Pasal 83 (2) UU Nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. Kemudian Muhammad Yamin sebagai Brand Image tokoh nasional, dan kerja sama terbuka diberikan oleh perantau Minang yang bekerja di perguruan Tinggi seperti YARSI Jakarta, Universitas Terbuka, dan Lain-lain.   

Pembicara dari Pemerintah Daerah Kota Solok, Kabupaten Solok, dan Sawahlunto bersepakat memberikan dukungan penuh terhadap pengembangan  UMMY menuju Kampus Negeri dengan menyediakan lahan untuk lokasi kampus, kesediaan tempat untuk melakukan penelitian dengan lokasi Sawahlunto daerah pertambangan, Kota dan Kabupaten Solok sebagai penelitian pertanian, serta lokasi untuk melaksanakan Pengabdian kepada Masyarakat. Paparan dari Pemerintah kota ini juga memberikan solusi jitu mengenai fasilitas kerja sama dengan berbagai pihak dalam pengembangan sarana dan prasarana melalui program proposal hibah kompetitf serta pendanaan melalui proposal bantuan dana dari Pemerintah dan Swasta, memperluas jaringan promosi kampus UMMY ke SMA/SMK/MAN/ dan sederajat baik Negeri maupun Swasta melalui brosur dan Media lainnya. Serta menawarkan Pola Relasi Segita Emas antara Perguruan Tinggi (UMMY), Masyarakat, dan Pemerintah Daerah.

Seminar Online tahap II ini ditanggapi (1) Ketua Badan Pengurus Yayasan Mahaputra Muhammad Yamin, SH Suryadi Asmi, SE.MM dt Rajo nan Sati, (2) Ketua Gabungan Toko Buku Indonesia Firdaus Umar, (3) Dt Marajo. Prof. Nasfry Carlo, mantan Rektor Bung Hatta, (3) Prof, Dr. Masri Mansoer, Wakil Rektor Kemahasiswaan UIN Jakarta (Universitas Islam Negeri Jakarta),  (4) Dr. Arman Nefi Bidang Kemahasiswaan Universitas Indonesia, (5) Prof. Muchlis Hamid, Dosen UNAND, dan Irman mantan anggota DPRD Tanah.

Rektor UMMY, yang diwakili Oleh Wakil Rektor Bidang Non Akademik Dr. Zona Rida Rahayu, M.Pd. sangat setuju UMMY menuju Kampus Negeri dengan tetap mempertahankan Pegawai dan Dosen yang bernaung di bawah pimpinan Yayasan ketika nantinya berubah status. Pegawai dan Dosen ini telah berjuang bersama membangun UMMY dan mengembalikan kepercayaan Masyarakat untuk anak-anak negeri berkuliah di UMMY.

Penanggap dalam Seminar Online ini memberikan dukungan dalam bentuk pemberian Buku untuk perpustakaan UMMY, mulai dari Ketua Pembina DPP PKKS -Drs. Marwan Paris, MBA-  dan ketua PKKS – Dr, Lukman, M.Si-, Ketua Gabungan Toko Buku Indonesia Firdaus Umar, Dt Marajo. Prof. Nasfry Carlo, mantan Rektor Bung Hatta, Prof, Dr. Masri Mansoer, Wakil Rektor Kemahasiswaan UIN Jakarta (Universitas Islam Negeri Jakarta), Dr. Arman Nefi Bidang Kemahasiswaan Universitas Indonesia, dan Prof. Muchlis Hamid, Dosen UNAND. Buku yang akan diberikan mulai dari ilmu Pertanian, Pendidikan, Agama, Hukum, Ekonomi, dan buku bertema umum. Bapak Firadus Umar secara gamblang akan memberikan buku khusus tentang Muhammad Yamin agar seluruh mahasiswa dan masyarakat mengetahui seperti apa perjungan Muhammad Yamin sebagai tokoh Nasional.  Pada Prinsipnya, seluruh penanggap dalam Seminar Online hari ini bersepakat dan mendukung UMMY menuju kampus Negeri, dengan mempersiapkan keseluruhan syarat-syarat untuk menjadi PTN. (Zona)

Total Page Visits: 163 - Today Page Visits: 2