Kuliah Kerja Nyata UMMY Tahun 2020

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan bagian dari kurikulum di Universitas Mahaputra Muhammad Yamin (UMMY) yang wajib diambil oleh mahasiswa. Tahun ini merupakan kegiatan KKN yang pertama setelah beberapa tahun terakhir UMMY melaksanakan kegiatan magang bagi mahasiswa. Kuliah Kerja Nyata (KKN) juga merupakan implementasi dari Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 20 ayat 2 yang menyatakan bahwa Perguruan Tinggi berkewajiban menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan proses pembelajaran bagi mahasiswa yang dikembangkan melalui kegiatan pengabdian pada masyarakat dalam berbagai segi kehidupan bermasyarakat.

Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah wahana bagi mahasiswa untuk menerapkan ilmu yang diperoleh di Perguruan Tinggi pada masyarakat. Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan bentuk pengabdian nyata mahasiswa kepada masyarakat setelah mendapatkan materi perkuliahan. Kuliah Kerja Nyata (KKN) bagi mahasiswa diharapkan dapat menjadi suatu pengalaman belajar yang baru untuk menambah pengetahuan, kemampuan dan kesadaran hidup bermasyarakat disamping memberikan pengalaman ilmu pengetahuan dan teknologi kepada masyarakat. Bagi masyarakat, kehadiran mahasiswa diharapkan mampu memberikan motivasi dan inovasi dalam berbagai bidang. Selain itu pembenahan sarana dan prasarana merupakan kegiatan yang dilakukan serta menjadi program kerja bagi mahasiswa.

Kuliah Kerja Nyata (KKN) akan terlaksana dengan baik, apabila memenuhi empat prinsip, yaitu dapat dilaksanakan (feasible), dapat diterima (acceptable), berkesinambungan (sustainable) dan partisipatif. Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) terbagi atas 3 tahap yakni tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi dan pelaporan. Tahap demi tahap harus dilaksanakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan mengacu pada Buku Panduan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Mahaputra Muhammad Yamin (UMMY) Tahun Akademik 2020/2021.

Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) akan dilaksanakan pada semester Ganjil TA 2020/2021 Dimulai dari tanggal 1 September sampai dengan 15 September 2020. Sebelum mahasiswa turun ke lokasi, mahasiswa dibekali dengan ilmu-ilmu yang sangat berpengaruh dalam pengembangan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) dilapangan. Kegiatan pembekalan akan dilaksanakan selama 2 (dua) hari dan diikuti oleh seluruh mahasiswa yang terdaftar sebagai peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN), Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dari masing-masing Program Studi di Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum dan Fakultas Pertanian Universitas Mahaputra Muhammad Yamin UMMY).

Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini diikuti oleh 218 mahasiswa yang berasal dari 3 (tiga) Fakultas dilingkup Universitas Mahaputra Muhammad Yamin (UMMY) yang meliputi 7 (tujuh) program studi, yaitu:
1. FAKULTAS PERTANIAN
– Prodi Peternakan : 17
– Prodi Agribisnis : 2
– Prodi Agroteknologi : 15

2. FAKULTAS EKONOMI
– Prodi Akuntansi : 47
– Prodi Manajemen : 84
– Prodi Manajemen Informatika : 8

3. FAKULTAS HUKUM
– Prodi Ilmu Hukum : 45

Lokasi KKN :
1. Nagari Koto Laweh, Kecamatan Lembang Jaya, Kabupaten Solok
2. Nagari Sungai Jambur, Kecamatan IX Koto Sungai Lasi, Kabupaten Solok
3. Nagari Kuncir, Kecamatan X Koto Diatas, Kabupaten Solok
4. Nagari Dilam, Kecamatan Bukit Sundi, Kabupaten Solok
5. Kelurahan Durian 2, Kecamatan Barangin, Kota Sawahlunto
6. Nagari Tanjung Gadang, Kecamatan Tanjung Gadang, Kabupaten Sijunjung
7. Kelurahan Laing, Kecamatan Tanjung Harapan, Kota Solok
8. Kelurahan KTK, Kecamatan Lubuk Sikarah, Kota Solok
9. Kelurahan VI Suku, Kecamatan Lubuk Sikarah, Kota Solok
10. Kelurahan Tanah Garam, Kecamatan Lubuk Sikarah, Kota Solok